Senin, 06 Mei 2019

Menu Diet Sehat Saat Berbuka Puasa

“Rasulullah shalllallahu ‘alaihi wa sallam ketika telah berbuka mengucapkan: “Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (Artinya: rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah)’.” (HR. Abu Daud)

Bahagia rasanya bisa melewati satu hari puasa ini dengan lancar. Biasanya puasa pertama penuh bayangan dengan buka puasa yang penuh dengan aneka makanan. Mulai dari kolak pisang, es cendol, gorengan (uhuuy… boleh diterusin sendiri). Ternyata secara medis makanan manis mengandung gula berlebih ketika dikonsumsi saat berbuka puasa bisa memicu lonjakan gula darah dan dalam jangka panjang bisa berefek buruk bagi kesehatan. Karenya ketika berbuka puasa disarankan untuk makan kurma atau buah-buahan segar (ini juga jangan berlebihan dong :)).

Pas banget tadi malam dapat share ilmu di grup whatsapp tentang menu diet di bulan ramadhan. Diet di sini nggak berarti harus langsing ya, tetapi diet untuk sehat, termasuk dalam hal makan ketika buka puasa.

Mengutip dari @temandiet_id menu buka puasa yang bisa memenuhi kebutuhan kalori tubuh serta sehat untuk diet bisa berupa:

1 gelas air putih
1 gelas air perasan jeruk nipis + biji selasih
3 butir kurma
1 gelas buah naga + kiwi dengan yoghurt

Makan malamnya bisa dengan menu:
Nasi 1 centong
Ikan bakar sambal matah
Sayur sop 1 mangkok

Sungguh amat ideal ya menunya? Baca menunya aja udah ngerasa sehat jiwa raga >.<

Pada saat berbuka puasa dianjurkan sebelum makan sebaiknya minum air putih terlebih dahulu 1-2 gelas. Boleh diganti dengan air kelapa atau infused water, setelah itu dilanjut dengan makan takjil. Setelah cukup jangan langsung makan ya gengs, sebaiknya sholat magrib dulu supaya tubuh juga beradaptasi dengan aktivitas mencerna. Setelah itu boleh makan dengan konsumsi karbo, protein, dan sayur-sayuran.

Hidup sehat kayaknya mudah tetapi penerapannya gampang-gampang susah. Sebagai pengingat aja ketika usia sudah semakin bertambah maka daya dukung tubuh terhadap makanan tertentu juga seringkali berkurang. Kolak, cendol, dan gorengan memang selalu nikmat dan tak terkalahkan. Tetapi sehat tidak bisa digadaikan dengan semangkok kolak pisang dengan glukosa berlebih itu gengs! Yuk ah mulai diet sehat, nggak harus mewah dan mahal, yang penting disyukuri.

Selamat berbuka puasa :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERI KOMENTAR