Rabu, 21 November 2018

Ngobrolin Tema Blog

Nulis itu semacam kegiatan selancar pikiran, biasanya kita juga bisa sedikit menebak bagaimana pola pikir si penulis. Termasuk dalam menulis blog, selain menyampaikan sebagai bentuk eksistensi diri seorang blogger juga menyajikan pola pikirnya melalui tulisan yang dituangkan dalam blognya. Umumnya, blogger itu memiliki tema sesuai dengan minatnya atau dengan bahasa yang lebih antusias adalah sesuai passion.


Waktu awal menulis blog bisa dibilang temanya asal, yang penting ngutarain isi pikiran dan isi hati yang kalau dibuka-buka lagi kok alay ya >.<
Sampai akhirnya pada saat memutuskan untuk beli domain .com, saya sudah mulai menelaah arah tulisan saya. Masih campur-campur juga tapi lebih terarah dan bisa dikategori.


Setelah melalui perenungan yang amattt panjang, pilihan tema untuk blog www.turasih.com ada 3 yaitu: Lifestyle, Humaniora, dan Parenting. Luas banget ya, iya sejujurnya saya masih nyari pola juga yang paling pas itu apa. Tapi tiga tema itu setidaknya sudah mendekati pas.

1.Lifestyle

Isi tulisan yang masuk dalam tema Lifestyle ini beragam juga, ada yang tentang traveling seperti tulisan tips belanja bakpia patok di Jogja atau tentang ekowisata Beejay Bakau Resort di Probolinggo. Selain itu ada juga tentang review buku seperti review buku Titik Nol karya Agustinus Wibowo yang sempat dapat apresiasi dari mas Agus via twitter. Intinya di tema lifestyle saya masukkan tulisan-tulisan yang berhungan dengan kesenangan saya: membaca, jalan-jalan, juga sesekali tips masak sederhana atau tips membersihkan kacamata. Biasanya tema ini dapat view yang cukup banyak.




2. Humaniora

Background pendidikan saya adalah ilmu sosial dan saya mencintai dunia pendidikan dan penelitian. Bergelut dengan dunia itu membuat saya jatuh hati sekali dengan ilmu sosial (Sosiologi, Antropologi) juga aktivitas community empowerment. Tulisan yang masuk di tema ini biasanya hasil refleksi dari lapangan atau pun review tentang hal-hal yang berbau humaniora. Salah satu tulisan yang dari dulu view nya paling banyak adalah tentang etika subsistensi petani, saya tebak pembacanya adalah mahasiswa yang dapat tugas sosiologi pedesaan >.<

3. Parenting



Semenjak memiliki anak,satu hal yang berusaha saya sadari terus menerus adalah tentang belajar ilmu parenting. Apa-apa yang saya tuliskan dalam tema ini juga hasil refleksi yang bia bersumber dari buku atau pengalaman pribadi saat interaksi dengan anak. Juga beberapa tulisan yang saya persembahkan untuk anak saya. Saya ingin menganadikan banyak moment parenting yang sekaligus akan menjadi bahan renungan saya di waktu-waktu mendatang. Tema ini juga beberapa berisi review buku yang membahas parenting.

Memiliki tema blog sebenarnya membuat saya semakin terarah dan memiliki rambu-rambu dalam menulis. Tema juga bisa mengarahkan pembaca ke blog kita lho. Jadi apa tema blog favorit kamu?