Jumat, 23 November 2018

Manfaat Bergabung Dengan Komunitas Blogger Perempuan

Ketika manusia dijuluki sebagai homo homini socius atau makhluk sosial, hal tersebut memberikan keniscayaan bahwa setiap orang perlu berinteraksi dengan orang lain dalam segala aspek. Interaksi sudah seperti kebutuhan pokok bagi eksistensi manusia. Hal itu juga yang secara budaya memberikan konsekuensi munculnya bahasa antar manusia untuk keperluan komunikasi. Mulai dari bahasa isyarat, bahasa melalui huruf-huruf yang diciptakan, maupun bahasa lisan. Interaksi manusia berbeda setiap eranya, mulai dari zaman batu (paleolitikum) hingga saat ini zaman digital dimana era industri sudah melaju menuju industri 4.0.


Bahasa tulis yang dulu dimulai dengan adanya tanda-tanda di dinding gua, prasasti di batu, tulisan di daun lontar, berkembang dengan munculnya kertas dan saat ini sudah muncul banyak platform digital menjadi sarana komunikasi antar manusia. Artinya tulisan juga bagian dari interaksi. Sebagaimana eksistensi perkembangan manusia yang dibekali akal budi, perkembangan tulisan di dunia digital juga mencerminkan bagaimana seseorang ingin berinteraksi. Salah satu bentuknya adalah dunia blog yang saat ini tidak hanya menaungi individu namun juga mempertemukan kelompok-kelompok dengan minat tertentu dan pada akhirnya membentuk jejaring komunitas maya yang kuat sesuai dengan minatnya. Tidak jarang komunitas ini juga bertatap muka dalam bentuk kopi darat berupa silaturahmi atau pun Event khusus para blogger yang tergabung di dalamnya.


Blogger perempuan sebagai sebuah komunitas blogging yang didalamnya berisi anggota perempuan menjadi salah satu komunitas blogger yang terkemuka bahkan terbesar di Indonesia. Saya pribadi belum lama bergabung, saya lupa tepatnya kapan. Tapi semenjak memutuskan punya domain.com, saya juga mulai untuk bergabung dengan komunitas-komunitas blogger salah satunya blogger perempuan. Alasan saya bergabung terutama ada : (1) Menambah jejaring; (2) Mengambil manfaat dari berbagai informasi yang disampaikan oleh blogger perempuan; (3) Memperluas pengetahuan tentang dunia blogger.

(1) Menambah jejaring

Semenjak bergabung di blogger perempuan, teman-teman dunia maya saya sesama blogger jadi bertambah. Hal ini berpengaruh sekali dengan semangat saya untuk menulis dan menyajikan konten yang berkualitas. Jejaring ini juga menjadi sarana komunikasi  antar anggota yang akhirnya membentuk keyakinan bahwa ada supporting system yang baik melalui blogger perempuan.

(2) Mengambil Manfaat Informasi Blogger Perempuan

Setelah menjadi anggota, saya subscribe email untuk mendapatkan newsletter dari blogger perempuan. Ada banyak sekali informasi yang diperoleh, berupa posting terbaru, info-info lomba, atau reminder tertentu. Bagi blogger hal ini penting, selain untuk memperkaya tema juga mendapatkan informasi Event blogger yang belum tentu diperoleh dari tempat lain.

(3) Memperluas Pengetahuan Tentang Dunia Blogger

Menjadi bagian dari blogger perempuan tidak hanya sebatas pada menambah jejaring dan mendapatkan jejaring, saya juga bisa memperoleh berbagai tips dan trik blogging yang diperoleh secara gratis melalui media sosial blogger perempuan (saya update terutama dari Instagram (@bloggerperempuan).


Di dunia yang serba cepat seperti sekarang ini, hampir mustahil jika kita ingin benar-benar tidak terkoneksi dengan komunitas maya. apalgi dalam konteks yang positif dan membangun. Betul jika dikatakan interaksi face to face atau tatap muka tetap nomor satu, tapi sering kali ada hal-hal yang bisa tersampaikan lewat bahasa tulisan di blog dan memberi dampak yang luar biasa juga. Blogger perempuan menjadi sarana yang sangat baik untuk perempuan berkreasi. Juga, sebagai bentuk ruang ekspresi bersama untuk saling mendukung sesama pecinta blogging. Saya selalu percaya bahwa ada atau tidaknya emansipasi yang digemakan oleh RA Kartini, perempuan sudah selayaknya menciptakan atau setidaknya memperoleh ruang untuk berkarya. Salam blogger perempuan!