Kamis, 22 November 2018

Cerita Dibalik Nama Domain www.turasih.com

Simplicity is beauty, uhuk, keren ya filosofinya? Artinya sederhana, simple itu cakep, nggak lebay nggak alay. Simple!
 

Dahulu kala ketika pertama kali mulai “serius nge-blog gratisan saya bikin nama panjang banget “theincrediblerose” berasa cakeeeep sekali waktu itu. Blog nya sudah almarhumah, lupa email sama password yang dulu dibuatnya alay juga. Sampai akhirnya baca-baca blog orang kok bagus-bagus ya namanya, simple, pakai nama sendiri dan akhirnya mudah diingat.
Misalnya blognya Mba Dewi Lestari penulis perempuan yang bikin blog dengan namanya sendiri. Dipikir-pikir kok keren ya, mau lah siapa tahu ketularan semangat literasinya :)

Membenahi blog yang sudah jadi almarhumah, saya lalu memutuskan mulai nulis lagi dengan platform blogspot. Punya nama turasih.blogsot.com. Cukup bertahan lama sejak 2011 sampai 2017 awal. Lalu mulai cari-cari kok punya orang-orang bisa .com, .id, .net, ih mau juga lahhhh (banyak maunya). Berbekal tanya sama Mbah Google, saya nemu blognya Bena Kribo, dia nulis tentang bagaimana cara bikin domain jadi .com yang murce alias murah cekali. Berdasarkan pengalamannya, Mas Bena ini beli domain di web hosting namanya Qwords.


Tahun 2017, mamak muda yang kadang sok tahu ini langsung meluncur ke websitenya Qwords. Nemu nggak yang dicari? Nggak! Saya bingung sama istilah-istilahnya, cuma ada satu hal yang akhirnya bikin saya ngerti yaitu kata PROMO. Emak-emak doyan diskon langsung happy pas tau ternyata lagi ada promo (kalau nggak salah hari kartini atau apa gitu), beli domain  .com setahun cuma Rp 79.000.

Setelah menimbang-nimbang dan nanya CS Qwords yang baik-baik banget memandu saya untuk mulai setting ke .com. Berbekal hp dan ambil waktu disela-sela menyusui anak, sampailah bulan April 2017 itu akhirnya turasih.blogspot.com jadi ww.turasih.com. Happy banget, jadi lebih pede, sayang nulisnya bolong-bolong. Tapi alhamdulillah mulai konsisten dan april 2018 saya perpanjangan domain Rp 129.000 satu tahun. Semoga bisa terus konsisten dan pelan-pelan bisa jadi blogger profesional. AAMIIN.