Rabu, 28 November 2018

Belajar Dari 5 Blogger Favorit

Hidup adalah tentang perjalanan. Perjalanan itu sendiri memiliki makna pembelajaran yang terus menerus, tidak pernah terputus seumur hidup. Belajar bisa dari siapa pun dan kapan pun, juga di mana pun apalagi di era digital sekarang ini. Belajar bisa dengan cara termudah melalui pemanfaatan teknologi. Tujuannya supaya kita terdedah informasi sekaligus bisa mengambil manfaat dari apa yang kita pelajari. Seperti belajar dari blogger. Belajar dari blogger ini sebenarnya seperti kita mendulang ilmu secara privat sebab apa-apa yang dicurahkan oleh blogger dalam blognya rata-rata adalah pemikiran subyektif, unik, dan spesial tentang jalan pikirannya.


Dari tantangan hari ke-9 Blogger Perempuan Network, saya akan sharing mengenai 5 blogger favorit saya yang tulisan-tulisannya setia saya baca, tidak selalu secara serius, tapi saya merasa ada banyak hal yang saya pelajari dari keunikan cara pandang blogger-blogger ini. Meskipun tantangannya dari Blogger Perempuan, tetapi blogger favorit saya tidak semuanya perempuan. Siapa saja sih?

1. Yusran Darmawan

Saya mengenal Mas Yusran ini di tempat kerja saya yang lama, beliau sepengetahuan saya adalah seorang penulis buku juga serta aktif menulis di berbagai kanal. Melalui blog pribadinya www.timur-angin.com, Mas Yusran berbagi mengenai sudut pandangnya mengenai peristiwa terkini (kebanyakan tentang situasi politik) namun dipandang dari sudut antropolog yang humanis. Tulisannya ngaliiiiir banget kayak mata air namun sekaligus bisa memberikan kritik-kritik tajam tanpa langsung menusuk. Apa yang saya pelajari dan masih terus saya pelajari dari cara Mas Yusran membuat tulisan? bahasa narasinya yang mengalir, prolog tulisan yang bisa melesat jauh berabad-abad silam namun tetap koheren dengan peristiwa masa kini, gambaran-gambaran tentang lansekap suatu tempat atau pun objek yang dibuat senyata mungkin. Dan, pilihan katanya yang luar biasa halus... salut banget saya. Jam terbang memang mempengaruhi kualitas seseorang.

2. Yunaidi Joepoet

Yunaidi Joepoet ini seorang travel blogger dimana ketika buka blognya kita bisa terpukau dengan karya tulisnya sekaligus foto-fotonya. Mas Yunaidi ini seorang fotografer juga. Beberapa kali saya temukan karyanya juga di majalah milik maskapai penerbangan. Awalnya saya tahu tulisan-tulisannya dari teman saya yang memberi tahu "ada ini travel blogger yang kece" dan saya buka link blognya di www,ranselkosong.com. Betul seperti disuguhi tulisan-tulisan berkualitas dengan gambaran foto yang juga dengan kualitas di atas rata-rata. Apa yang saya pelajari? Keseriusan, passion, dan detail. Sayang banget karena posting terakhirnya di bulan Desember 2017.

3. Maureen Hitipiew

Nggak nyangka banget kalau Kak Maureen ini dari Indonesia. Karena awal nemu blog nya itu dari link di pinterest. Pas baca-baca isi blognya, kemudian langsung jatuh hati sama sharingnya. Beliau ini founder komunitas Single Mom Indonesia, seorang single mom blogger yang bagi saya sangat open minded dan helpfull. Baru-baru ini beliau terpilih untuk mengikuti program leadership dari Facebook terkait dengan komunitas yang dibangun, Single Mom Indonesia (SMI). Kak Maureen banyak sharing tentang kehidupan sebagai single mom dan bagaimana beliau menemukan passionnya sebagai seorang blogger dan pekerja lepas. Nama blognya juga catchy banget www.scoopsofjoy.com.
Kak Maureen ini menurut saya keren banget, coba buka blog-nya, lihat layout-nya, tulisan-tulisan dalam bahasa inggris, duhhh jatuh cinta Kak!

4. Mira Sahid

Saya tidak tahu kenapa saya merasa menemukan sosok perempuan yang luar biasa di dalam diri Mba Mira Sahid ini. Beliau juga founder komunitas blogger yang namanya Kumpulan Mak Blogger (KEB). Mba Mira seorang single mom juga dan memutuskan menjadi seorang internetpreneur yang jam terbang blogging serta sharing tentang dunia digital sudah tidak perlu diragukan lagi. Mba, I adore you! Isi blog nya Mba Mira ini ringan dan terbaca sangat jujur. Beliau sharing tentang kegiatan, keseharian, juga personal. What i love about read her blog? kesederhanaan yang menggugah perasaan, membuat kita menyelami makna kejadian yang terjadi dalam diri kita dan belajar untuk mencintai diri sendiri. Be independent woman!

5. Langit Amaravati

Awal saya tahu blog nya Mba Langit adalah dari tulisan-tulisan personalnya yang berseliweran di instastory teman-teman. Siapa sih yang tulis, kok bagus? Pas saya telusuri ternyata punya Mba Langit. Huuu jeper banget deh kalau lihat blognya, sudah rapi, profesional, dan bisa banget jadi panutan dalam nge-blog. Mba... aku padamu.... Kalau baca kata pembukanya Mba Langit ini bikin speechless "Ambil apa-apa yang berguna, buang sepah dan lukanya. Sebab saya hanya perawi. Tugas Saya mengabarkan, bukan mengajarkan." Kenyataannya apa yang Mba kabarkan bermanfaat untuk saya dan pastinya pembaca lain.

Demikianlah (berasa nutup pidato) 5 blogger favorit yang jadi tempat belajar saya dalam banyak hal. Mereka orang-orang hebat yang mau berkarya dan mengabarkan karyanya kepada dunia. Secara tidak langsung bermanfaat untuk banyak orang.