Senin, 26 November 2018

5 Tempat Makan Favorit di Bogor


Berbicara soal makan sebenarnya bukan saya banget, saya senang makan tapi makan bagi saya adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar. Tujuan saya makam adalah sehat dan kenyang bukan tujuan lain seperti agenda kuliner, icip-icip, apalagi foto makanan ala food blogger. Waktu ada tema dari blogger perempuan saya mikir, apa ya favorit saya? Sebab kenyataannya sekarang kalau makan di luar saya akan mikirin selera anak saya terlebih dulu. Jadi, karena tinggal di Bogor dan saya pikir banyak tempat makan enak meskipun nggak selalu hits kekinian, tapi bisa lah jadi rekomendasi.

1. Kedai Kita

Via kulinerbgr.com
Kedai kita salah satu resto yang terkenal di Bogor. Termasuk resto keluarga menurut saya karena menunya bisa dinikmati mulai dari balita hingga lansia. Biasanya kalau ke sini pesan mie sapi lada hitam hot plate sama pangsit goreng. Minumnya standar aja kalau saya, es teh. Mie sapi lada hitam jadi salah satu menu favorit di resto ini. Selain itu ada pizza kayu bakar yang biasanya juga banyak dipesan pelanggan. Kedai kita ini rame banget mulai jam makan siang sampai malam. Nah lokasi utamanya ada di daerah taman kencana, deket sama hotel mirah. Kalau cabangnya di daerah bina marga baranangsiang.

2. Street Food ala Mahasiswa IPB

Via bogor.tribunnews.com
Jaman masih tinggal di sekitaran kampus IPB, ada namanya jalan Babakan Raya dan Babakan Tengah atau disingkat Bara-Bateng. Disitu banyak banget makana enak, murah, kenyang. Bisa diurut dari ujung Bateng: Ayam Cak Joyo, Ayam Cabe Ijo pangkalan angkot, ketoprak pangkalan angkot, warteg sepanjang jalan, donat bateng, nasi padang berlin, lumpia basah, baso gepeng, bubur ayam madura, and may mooooooreeeee. Banyak jenisnya tinggal pilih mana yang disuka.

3. Baso Seuseupan


Via ratutips.com
Saya berasal dari Banjarnegara, di sana terkenalnya bakso ketupat sama es cendol. Nah kalau di Bogor tempat nge-baso yang rasanya paling mendekati rasa di Banjarnegara adalah baso seuseupan. Alamatnya di arah Bantarjati. Enak sedap dan ramah kantong.

4. Resto Taman Koleksi


Via tribunnews.com
Dulu biasanya kalau ke sini tujuannya ketemu temen, ngerjain tesis, atau memang sengaja makan nasi peda. Ada banyak menu enak tapi saya pesannya itu-itu aja, nasi peda sama teh sereh atau es teh tarik. Teh tariknya nyoss juga di sini. Yang seneng ngopi juga tersedia aneka kopi dari berbagai daerah di Indonesia.

5. Toge Goreng Jl. Prof Andi Hakim (depan IPB Baranangsiang)

Via tribunnews.com
Kadang suka ditanya kok doyan makan toge dicampur sambel yang rasanya agak mirip oncom. Sedap menurut saya apalagi ditambah lontong diminum pake teh anget pagi-pagi. Duuh saya jadi inget Bu Ade di PSP3 IPB yang dulu suka dimintain tolong buat beli. Semoga beliau selalu dikarunia kesehatan dan rezeki yang baik. Toge goreng ini bukan di resto. Adanya di pinggir jalan dekat pangkalan ojek online tapi yang makan disitu mulai dari saya yang bukan apa-apa sampai ibu-ibu pejabat. Sekali-sekali cobain deh!

Yuhuuu udah lima ya rekomendasinya? Lumayan juga ya ternyata nyari yang favorit. Maafkan karena saya bukan pecinta kuliner, makan suka tapi ya biasa-biasa aja. Semoga bisa jadi referensi ya kalau ke Bogor.