Sabtu, 01 Juli 2017

Saat Anugrah Bisa Minum Pakai Sedotan #MenjadiOrangTuaBijak


Anak bujang udah gede, udah bisa pedekate sama anak cewe...

Waktu malam lebaran ketemu sama temen-temennya Ayah, sebelah anugrah ini namanya anindya, anaknya Om Rajiv sama tante Irna.. hampir sepantaran umurnya. Saling ngobrol ala bahasa bayi, hanya mereka yang tahu...

Buat Ibu, yang paling keren waktu Anugrah ketemu Anin ini ya karena akhirnya Anugrah bisa minum sendiri pakai sedotan. Tadinya kan masih bingung gimana hisap sedotannya, malah digigit, eh ternyata kalau distimulasi lihat temennya bisa Anugrah makin semangat ya :)

Pertumbuhan anak dan perkembangannya tidak bisa secara mutlak dipatok sama orang tuanya, dipantau jelas iya, tapi dipatok harus A,B,C sesuai mau orang tuanya jelas tidak bisa. Orang tua hanya mengarahkan,mengantarkan, dan memfasilitasi. Mengapa? Karena anak adalah individu yang merdeka dan memiliki peran serta keinginan sendiri. Anak adalah individu yang belajar dari setiap kesalahan dan kekacauan yang dia buat. Anak adalah individu yag mencontoh apa pun tingkah yang ditunjukkan oleh orang tuanya.

Lemah lembutlah tetapi tegas, ceria dan berikan senyum sebanyak-banyaknya, karena anak melihat kita dengan mata dan hatinya, lalu mencontoh kita dengan gerak dan nalarnya.

Semoga selalu diberi jalan untuk menjadi orang tua yang baik dan bijaksana.

Nak, biar ibu istirahatkan dulu mimpi-mimpi Ibu, karena mimpi itu akan nyata dengan tumbuh kembang baikmu. Sehat selalu, soleh selalu, cerdas, dan sempurna tumbuh kembangmu. Ibu dan Ayah selalu mencintai Anugrah sepenuh hati, jiwa, dan raga.

😘😘😘😘😘

Rungkut-Surabaya, 1 Juli 2017