Jumat, 24 Juni 2016

Selai Nanas Legit Homade



Oke, sebelumnya mungkin ada pertanyaan “Ke mana aja buuu blog dibiarin debuan dan jadi sarang laba-laba alias nggak pernah di-update?” hehe pede banget kayak ada yang nanya ya >.< Jawabannya saya senyumin aja ya, intinya sih sekarang mau bersih-bersih biar nggak debuan lagi, rajin diisi lagi. Alhamdulillah sekarang full di rumah dan ngurus keluarga, jadi mulai belajar-belajar masak lebih banyak. Kebetulan nanya sama suami soal kue kesukaannya, dia suka nastar. Jeng jeng, seumur hidup belum pernah bikin nastar, kalau makannya sih udah nggak kehitung. Tapi demi usaha untuk makin disayang suami, saya mencoba belajar bikin nastar dan kali ini diawali dengan bikin isiannya yaitu selai nanas. 

Saya ambil resepnya dari Mba Endang JTT dengan modifikasi sendiri sesuai kesediaan nanas. Nanas yang saya pakai adalah nanas matang dibeli dari pasar dekat rumah. Saya tidak tahu asalnya dari kebun mana yang jelas wangi dan manis. Kira-kira begini resepnya:
2 buah nanas matang
5 sm gula pasir
1 pucuk st garam
1 potong kayu manis
5 butir cengkeh

Cara bikinnya mudah banget, tinggal siap waktu sama tenaga aja karena harus sering diaduk.

Pertama, nanas yang sudah dikupas cuci bersih kemudian dipotong-potong untuk diparut. Kalau saya prefer diparut karena serat nanasnya lebih terasa. Boleh juga diblender tetapi hasilnya terlalu lembut menurut saya dan karena blender butuh tambahan air jadi memasaknya lebih lama. Kedua, nanas yang sudah diparut dipanaskan sampai airnya susut, saat sudah susut ditambah gula, garam, cengkeh, dan kayu manis. Kemudian terus diaduk sampai legit. Ada tips yang saya baca, mengapa memasukkan gulanya setelah air nanas susut. Hal ini dikarenakan jika gula dimasukkan bersama dengan nanas yang masih baru diparut maka proses masaknya menjadi lebih lama. Nah kalau tips dari saya pribadi, selama masak apalagi ketika sudah susut airnya jangan lupa terus diaduk supaya nggak gosong. 

Nanas kupas yang sudah dicuci, tiriskan (sumber foto: dokumen pribadi)

setelah diparut/blender dimasak menggunakan wajan yang tidak mudah gosong (sumber foto: dokumen pribadi)

Terus masak hingga air menyusut (sumber foto: dokumen pribadi)
Setelah air susut tambahkan gula, garam, kayu manis, cengkeh (sumber foto: dokumen pribadi)

Aduk terus hingga kalis dan berbentuk selai (sumber foto: dokumen pribadi)
Begitu kira-kira pengalaman saya belajar bikin selai nanas, lalu terbersit juga ke depannya untuk selai ini bisa dibikin tidak hanya untuk isian nastar tetapi juga untuk konsumsi harian teman makan roti tawar. Bikin sendiri lebih puas dan lebih enak juga menurut saya. Selamat mencoba ya, let’s practice more :)