Selasa, 28 Juni 2016

Bikin Kue Nastar Yuuukkk!

Kue Nastar ala saya (sumber foto; dokumen pribadi)
  
Setelah sebelumnya posting resep selai nanas legit homemade, sekarang mau cerita tentang proses bikin kue nastarnya. Lagi-lagi saya copy paste resep dari dapurnya Mba Endang JTT dan saya modifikasi di dapur saya sendiri. Peralatan yang saya pakai nggak secanggih ahli pastry yang suka nongol di tv, hehehe. Berbekal beli loyang panggang 2 buah dan menggunakan mixer serta oven kompor dari pinjam ibunya suami, saya kencangkan ikat kepala dan saya umumkan pada suami bahwa "aku mau bikin nastar". 

Bismillahirrahmanirrahim...

Resep yang saya peroleh dari JTT kira-kira saya modif sendiri seperti ini...

-  250 gram margarin + mentega (saya menggunakan Blue band cake and cookies)
- 90 gram gula halus
- 3 butir kuning telur
- 50 gram susu bubuk
- 250 gram tepung terigu protein rendah (saya menggunakan Bogasari Kunci Biru)
-150 gram tepung maizena
- 1/4 sendok teh vanilli bubuk

Untuk olesannya dibuat dengan:
- 2 butir kuning telur
- 1/2 sendok teh madu
- 1 sendok teh air
 
Untuk takaran timbangan-timbangan tersebut terus terang saya pakai ilmu kira-kira yaitu dipas-pasin tanpa ditimbang dulu. Pada trial pertama saya bikin untuk porsi sedikit. Selanjutnya saat kedua kalinya saya bikin untuk 3 kali lipat bahan.

Cara membuatnya ga susah, yang dibutuhkan adalah ketelatenan buletin adonan dan mengisinya dengan selai nanas. Jadi sebelumnya selai nanas yang sudah saya buat saya buat bulatan-bulatan kecil untuk isian biar seragam. Langkah untuk membuat nastarnya adalah:

  • Mixer mentega + margarin dan gula halus sampai rata, pake mixer kecepatan kecil saja. Lalu masukkan kuning telur satu persatu.
  • Setelah adonan nomor 1 tercampur, masukkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan susu bubuk dan tepung maizena sedikit demi sedikit. Jangan dicampur sekaligus supaya hasil adonan  bagus. Aduk menggunakan spatula atau sendok kayu satu arah. Aduk hingga adonan kalis dan bisa dibentuk.
  • Ambil adonan secukupnya untuk dibentuk dan sisanya dimasukkan ke dalam kulkas untuk menjaga kualitas adonan tetap bagus.
  • Cara membentuknya, ambil sedikit adonan kemudian pipihkan dan isi dengan selai nanas. Setelah itu bentuk bulat.
  • Olesi loyang panggang dengan mentega atau bisa dialasi dengan kertas roti dan taruh bulatan-bulatan nastar yang sudah selesai dibuat.
  • Panggang dalam oven sampai setengah matang terlebih dahulu, saya memanggangnya kurang lebih 15 menit dengan api sedang, kemudian keluarkan dari oven dan kuaskan bahan olesan di bagian atas kue lalu taburi keju parut. Setelah itu masukkan kembali ke dalam oven sekitar 25-30 menit. Karena kondisi oven yang saya pake sudah cukup lama usianya, jd patokan menit nggak terlalu jadi prioritas, saya rajin bolak balik loyang dan kadang ada yang diangkat dulu karena sudah matang supaya tidak gosong.
  • Setelah kue diangkat, dinginkan lalu tata di dalam toples, peruntukannya boleh buat lebaran, cemilan sehari-hari, atau sedekah. Buat usaha juga monggo :)
Kira-kira gitu pengalaman saya sebagai first timer bikin nastar. Gampang atau susah langsung dibuktikan di dapur saja ya ibu-ibu. Resep lain selain bahan-bahan yang sudah disebutkan tentu saja adalah happy, kalau happy bikin apa aja jadi oke :) yukkk mari....