Kamis, 01 Januari 2015

2015 : Introspeksi, Tafakur, Tasyakur

Judul tulisan ini saya peroleh dari status facebook guru saya waktu di Aliyah, Pak Agus Mahmud, guru matematika saya yang baik dan sangat jelas ketika menjelaskan materi pelajaran.

Tahun baru mungkin menjadi momentum yang pas sebagai tolak ukur penandaan rencana atau pun langkah untuk melanjutkan rencana tahun sebelumnya atau pun memulai dengan rencana baru. Apa pun bentuknya, yang terpenting barangkali diantaranya  adalah 3 poin utama dari status guru saya.

Introspeksi: merenungi seperti apa rekam jejak kita sebagai manusia, sampai saat ini, apa yang sudah kita lakukan, apa yang bermanfaat atau yang apa justru sia-sia. Introspeksi ini menjadi sarana untuk dapat memperbaiki diri terus-menerus.

Tafakur: berpikir, salah satu bukti kelebihan manusia diantara makhluk Allah yang lainnya. Berpikir membedakan kita dengan binatang. Memikirkan keagungan ciptaan Allah, memikirkan apa yang menjadi tugas kita sebagai khalifah di muka bumi.

Tasyakur: bersyukur, berterima kasih atas waktu dan hidup yang kita dapatkan. Terus menerus mengucapkan syukur agar hidup senantiasa cukup.

Tiga kata sederhana, namun memiliki makna yang luar biasa. Terimakasih Pak Agus status facebooknya...

SELAMAT TAHUN BARU 2015