Sabtu, 27 Oktober 2012

Travelling, for travel itself

Beberapa saat yang lalu saya bertemu seorang teman couchsurfing dari Beijing yang berencana akan menjelajahi Indonesia selama 2 bulan (dia menyebutnya tinggal di Indonesia). Sepanjang pertemuan, saya banyak memperoleh informasi tentang China yang disampaikan olehnya. Bagaimana orang China hidup, bagaimana mereka makan, dan bagaimana mereka beribadah (saya sangat tertarik ketika di amenunjukkan dan menjelaskan bagaimana orang Tibet beribadah), dan tentu saja bagaimana mereka menghemat uang. Lebih dari itu ada pelajaran berharga lain yang bisa saya ambil, yakni bagaimana keseimbangan lahir dan batin bisa diperoleh di tempat-tempat yang sunyi, yang bebas dari kebisingan.

Teman saya tersebut sebelumnya bekerja di perusahaan milik keluarganya, kemudian memutuskan untuk 'cuti' selama satu tahun dan mengunjungi negara-negara di Asia. Dari pertemuan tersebut saya belajar bagiamana orang-orang di luar sana bersikap dan sangat mencintai negaranya. Juga tentang travelling sendiri, saya menjadi mengerti mengapa orang senang bepergian. Itu adalah perkara kenyamanan dan bagaimana pencapaian hidup ingin diraih. Ada orang yang bepergian karena ingin menghabiskan uangnya untuk berbelanja, ada yang bepergian untuk mencari jati diri, ada juga yang bepergian untuk belajar dari alam dan lingkungan. Dan tujuan teman saya datang ke Indonesia adalah untuk mempelajari bagaimana orang lokal hidup, bagiamana masyarakat kelas bawah mencari nafkah, mengunjungi pasar-pasar tradisional, dan baginya travelling bukanlah hal yang bisa dikomersialkan. Dia menafsirkan bahwa travelling adalah untuk travel itu sendiri, outputnya bukan pada berapa banyak foto yang bisa diambil, catatan yang ditulis, atau video yang ditake kemudian diperjualkan.

Meskipun ada perbedaan pendapat tentang makna travelling itu, tapi saya mafhum dan bersyukur bisa share pengalaman. Bertemu dengan orang baru selalu membuka wawasan, tergantung bagaimana kita memanfaatkan informasi yang kita dapatkan.

*B, thanks for shared your experiences :)