Kamis, 09 Juni 2011

The Journeys: Destinasi Impian

by Tur Asih on Monday, May 16, 2011 at 9:25pm

Bagiku tepat jika hidup dikatakan nggak sekedar buat nunggu mati. Dua puluh satu tahun menghirup udara di bumi, nggak afdol kalau nggak mengunjungi banyak tempat, bertemu dengan banyak orang, dan menulis serta mendokumentasikan hal-hal yang ditemui. Dan sebelum mati, Tuhan, berilah aku kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat ini:

1. Mekah

Mungkin sudah umum jika tempat ini ingin dikunjungi oleh umat muslim di seluruh dunia, bagaimana tidak, jika mampu umat muslim dianjurkan untuk mengunjunginya sebagai bentuk ibadah dan melengkapi rukun islam. Nah, itulah, kenapa aku ingin mengunjunginya, mencium Hajar Aswad dan melantunkan doa di Masjidil Haram. Dan semoga impian ini bisa terwujud bersama keluarga.

2. University of Gottingen, Jerman

Tempat ini adalah sebuah universitas di Jerman yang didirikan pada tahun 1737 dan di sana menjadi tempat pilihan untuk sebuah bidang studi: Sosiologi. Keinginan mendalami Sosiologi kuharap bisa terwujud dalam 2-3 tahun ke depan. Tentu saja dengan mencari beasiswa (hope it’ll come true), dan aku ingin melihat orang tuaku tersenyum karena mengantarku di keberangkatan internasional untuk kembali menimba ilmu. Amiin.

3. Raja Ampat, Papua

Selalu pasang ‘muka pengen’ ketika teman dari Papua memamerkan keindahan alamnya, lautan dan hutan. Tempat itu seperti surga yang menyegarkan mata ketika dikunjungi. Terlebih lagi Raja Ampat, salah satu dosen selalu menyarankan bahwa ‘Kalian harus ke sana!’ dan saya ingin pergi kesana, untuk semakin mensyukuri bahwa Tuhan maha segalanya, menciptakan berjuta – juta spesies ikan tanpa dipusingkan oleh detailnya. Juga merasakan anginn yang berhembus lembut ketika mata beradu tatap dengan deburan ombak.

4. Puncak Gunung Gede-Pangrango


Saya hanya ingin naik ke puncak gunung, menikmati hembusan anginnya, dan merasakan bahwa awan itu ada di tempat aku berdiri. Memang sepertinya terlihat biasa keinginan menaiki gunung Gede-Pangrango, tapi seumur hidup, saya belum pernah naik gunung. That’s why i want to do that ^^.

5. Desa Pagentan, Banjarnegara


Ini adalah tempat yang sudah berkali-kali aku kunjungi, bahkan dari kecil pun hidup disana. Hanya setelah SMA dan kuliah, harus pindah lokasi menjadi anak rantau. Tapi tempat ini adalah destinasi yang tak pernah mati, tempat yang selalu dan selalu ingin kukunjungi. Sebelum mati, sebaiknya saya kesana, mencium aroma desa yang membuatku bersemangat untuk hidup lebih baik dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama serta semesta. Desaku, yang kucinta.



Kontrak hidup hanya berlaku satu kali, tidak ada perpanjangan kontrak lagi setelah itu.. Let’s Go!!!